Aug 11, 2011

cara mengganti icon fashdisk

FlashDisk saat ini merupakan benda personal yang dimiliki banyak orang khususnya kaum mobile karena lebih praktis dan simple tapi punya kapasitas penyimpanan yang besar ada yang sampai 16 GB. Dan harganyapun semakin murah, dengan kapasitas 4 GB bisa anda peroleh dengan kisaran harga Rp. 100.000,- s/d 150.000,- (tergantung merek). Biasanya mereka menggunakannya untuk menyimpan gambar, data pekerjaan, file penting atau lainnya, bahkan untuk beberapa program yang Portable bisa dibuka langsung dari Flashdisk tanpa perlu repot-repot install di Komputer. Oleh sebab itu flash disk sangat pentiing keberadaannya. Karena flash disk sering digunakan, boleh lah kita memberi sedikit polesan agar tidak terlihat membosankan.


Kali ini kita akan mengganti atau mengubah icon pada flash disk. Coba anda hubungkan flash disk anda ke konektor usb ,setelah autorun, di explorer akan muncul icon removable disk standar yang diberikan windows (kelihatannya terlalu standar).
Kita bisa merubah dari icon standar menjadi icon lain atau dengan foto kita, pertama-tama yang perlu disiapkan adalah 1 buah icon (gambar yang berekstensi *.ico).pertama kali buka aplikasi notepad. buat pengguna windows, tekan “windows+r” trus tulis notepad terus Enter.di dalamnya ketikkan kode di bawah ini :

[autorun]
icon=icon.ico
kode (icon.ico) dapat anda ganti dengan nama file icon lainnya yang ber-extension .ico misalnya anda memiliki file dengan nama flashdisk.ico maka tinggal ganti kode yang bewarna merah tersebut dengan flashdisk.ico. atau anda bisa berkreasi sendiri dengan program Converter gratisan yang bisa anda download seperti Irvanview untuk convert file dari jpg, jpeg, bmp, png ke format ico. atau anda convert melalui website banyak yang gratisan tinggal googling aja ketik : free convert jpg to ico.
lalu simpan file tersebut pada flashdisk anda dengan nama autorun.inf dengan save as type All jangan pakai format txt.




Kemudian kedua file tersebut (autorun.inf dan ico ) anda hidden agar lebih aman (terhindar dari salah hapus).


Ini contoh dari tip di atas :



Anda mau mencoba?

Catatan :
Sebenernya dengan mengganti Icon flash disk itu kita akan mendapatkan beberapa manfaat :
Pertama untuk mempercantik penampilan tentunya.
Pembuatan icon ini dimaksudkan untuk memberi identitas siapa pemilik flash disk tersebut (karena menggunakan icon foto si pemilik UFD).
Untuk memberitahu apakah flash disk anda terkena virus (autorun).
Kenapa harus disimpan di dalam flashdisk bukan di dalam folder? karena biasanya virus autorun membuat file autorun untuk menjalankan virus, jika icon anda tidak muncul di explorer kemungkinan besar flash disk anda terkena virus autorun, karena file autorun.inf yang sudah kita buat sudah di-rewrite oleh virus dengan nama yang sama tapi diganti dengan skrip yang berbeda, biasanya skrip ini mengarah pada induk virus. Jika kita klik pada my komputer maka virus itu akan berjalan dan melakukan tugasnya, berape kan???