Aug 5, 2011

Menghapus virus lewat command prompt

Virus adalah program yang berbahaya yang dirancang khusus untuk menyusup dan merusak system computer tsb.atau memanfaat kan celah keamanan di system yang ada dalam computer kita.Virus juga dapat mengifeksi perangkat seperti flash disk. Hal ini yang terjadi apabila kta mendownload file yang ternyata berisi virus atau bisa saja flashdisk kita tertula olehhardisk yang sudah terjangkit virus lebih awal.kita bisa menghapus virus menggunakan cmd “command prompt” berikut langkah-langkahnya:

-Masukan removable disk ke port USB computer anda
-klik tombol “cancel” pada dialog box yang menawarkan pebukaan folder atau jangan membuka flashdisk tsb. Sama sekali.
-klik “start” pada desktop dan klik tombol “run” dan lalu ketikan “cmd” ()tanpa tanda kutip) ke dalam kolom teks “run”. Kemudian tekan enter atau klik ok. Setelah itu akan tampil “command prompt”
-ketik nama direktori flashdisk kita setelah itu tekan enter.sebagai contoh kita ketikan “G”,.”F” dan istilah lainya tergantuk partisi computer kita,
-ketik “dir/w/a” (tanpa tanda kutip) pada command prompt dan tekan enter,tunggu sampai semua nama file tampil.
-cari virus yang ada pada daftar file pada tampilan tadi. Carilah file dengan nama “autorun.inf,ravmon.exe,new folder.exe yang mungkin mencuriakan file virus,
-nonaktifkan semua file dengan mengetikan “attrib-r-a-s-h *.*” (tanpa tanda kutip)
Dalam command prompt lalu ketik enter.
-sekarang kita hapus file yang mencurigakan tadi,dengan cara keik “del” (tanpa tanda kurip)diikuti dengan nama file pada command prompt, lalu tekan enter.contoh : *del namafile.exe”
-klik kanang pada ikon removable disk yang terletak di sudut kanan bawah dari desktop
Anda pilh “safely remove hardware”

Selmat mencoba dan semoga berhasil.......